Rencana Program dan Kegiatan


Program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu organisasi sebagai upaya untuk mengimplementasikan strategi dan kebijakan serta dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran suatu organisasi.

Pemerintah Provinsi Banten, sebagaimana dalam dokumen RPJMD 2012-2017, menetapkan 3 (tiga) kebijakan umum yang dijabarkan pada 4 (empat) program pembangunan daerah yang harus dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, yaitu:

  1. Kebijakan umum peningkatan ketersediaan, akses, kualitas, keragaman dan keamanan pangan, melalui Program Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat, dengan indikator kinerja program adalah (1) Tersedianya cadangan pangan pemerintah provinsi sebanyak 200 ton beras pada tahun 2017; (2) Tersedianya cadangan pangan masyarakat dengan jumlah 807 ton setara Gabah Kering Giling pada tahun 2017; (3) Terbentuknya lembaga yang mengelola cadangan pangan pemerintah provinsi (1 lembaga tahun 2017); (4) Berkembangnya lembaga cadangan pangan masyarakat (82 lembaga tahun 2017); (5) Cakupan layanan fasilitasi program bantuan raskin (100%); (6) Meningkatnya penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat, dengan pencapaian skor PPH 96 tahun 2017; dan (7) Tertanganinya daerah rawan pangan di Provinsi Banten (52 Kecamatan rawan pangan); serta (8) Cakupan layanan penyuluh pada daerah sentra produksi (70% tahun 2017).
  2. Kebijakan umum meningkatkan dan mengembangkan kualitas setiap unit kerja dalam pelayanan publik untuk mewujudkan clean government and good government, melalui 3 (tiga) program, yaitu : (1) Program Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Daerah, dengan indikator kinerja program adalah : a) rasio ketersediaan dokumen perencanaan, evaluasi dan pelaporan (100%), dan b) rasio ketersediaan dokumen penatausahaan, pengendalian dan evaluasi laporan keuangan. (2) Program Peningkatan Sarana, Prasarana Perkantoran dan Kapasitas Aparatur, dengan indikator kinerja program adalah a) rasio penyediaan barang dan jasa administrasi perkantoran serta pelayanan tatausaha kerumahtanggaan, b) rasio penyelenggaraan rapat koordinasi dan konsultasi di dalam dan ke luar daerah, c) rasio pembangunan, pengadaan, pemeliharaan dan rehabilitasi prasarana dan sarana aparatur, dan 4) rasio pembinaan dan peningkatan pelayanan, tata usaha dan administrasi kepegawaian.
  3. Kebijakan umum meningkatkan kualitas data dan informasi pendukung perencanaan daerah dan penyelenggaraan pemerintahan, melalui 1 (satu) program yaitu Program Penyediaan Data Pembangunan Daerah, dengan indikator kinerja program adalah ketersediaan data dan informasi pembangunan.

Kegiatan adalah bagian dari program, dan terdiri dari sekumpulan tindakan pengerahan sumberdaya, baik yang berupa personil (SDM), barang modal termasuk peralatan dan teknologi, dana, atau kombinasi dari beberapa atau kesemua jenis sumberdaya tersebut sebagai masukan (input) untuk menghasilkan keluaran (output) dalam bentuk barang/jasa.

Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengimplementasikan program pembangunan daerah tersebut adalah :

  1. Program Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat, pencapaian indikator program akan dilaksanakan melalui kegiatan : (1) Kegiatan Pengelolaan dan Penanganan Kerawanan Pangan; (2) Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Ketersediaan dan Akses Pangan; (3) Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Cadangan Pangan; (4) Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Distribusi dan Harga Pangan; (5) Kegiatan Pengendalian Program Bantuan Raskin; (6) Kegiatan Pengelolaan, Pembinanaan dan Pengembangan Keamanan Pangan; (7) Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan; (8) Kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan; (9) Kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas Sumberdaya dan Programa Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan; dan (10) Kegiatan Fasilitasi Dewan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Banten.
  2. Program Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Daerah, pencapaian indikator program di arahkan melalui kegiatan : (1) Kegiatan Penyusunan Laporan Kinerja Keuangan dan Aset BKPP Banten; dan (2) Kegiatan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan.
  3. Program Peningkatan Sarana, Prasarana Perkantoran dan Kapasitas Aparatur, pencapaian indikator program di arahkan melalui kegiatan antara lain : (1) Kegiatan Penyediaan Barang dan Jasa Perkantoran; (2) Kegiatan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam dan Luar Daerah; (3) Kegiatan Penyediaan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Perkantoran; dan (4) Kegiatan Peningkatan Capacity Building Aparatur BKPP Provinsi Banten dan Pencitraan Kelembagaan.
  4. Program Penyediaan Data Pembangunan Daerah, pencapaian indikator program di arahkan melalui Kegiatan Pengelolaan dan Penyediaan Data dan Informasi Pembangunan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan.

Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Peta


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran