Visi dan Misi


Visi dan Misi

Mengacu kepada Visi Pembangunan Pemerintah Provinsi Banten Tahun 2012–2017 yaitu: “BERSATU MEWUJUDKAN BANTEN SEJAHTERA BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA”, dengan ke lima visi yaitu

  1. Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Wilayah Mendukung Pengembangan Wilayah/Kawasan Berwawasan Lingkungan,
  2. Pemantapan Iklim Investasi yang Kondusif
  3. Peningkatan  Kualitas Sumberdaya Manusia yang religius, cerdas dan berdaya saing dalam kerangka penguatan NKRI
  4. Penguatan Semangat Kebersamaan Antar-Pelaku Pembangunan dan sinergitas pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang selaras, serasi dan seimbang
  5. Peningkatan Mutu dan Kinerja Pemerintahan Daerah yang Berwibawa Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih, maka visi Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten diharapkan menjadi pilar terdepan dalam aspek ketahanan pangan daerah guna mendukung pencapaian Visi Kepala Daerah Provinsi Banten Tahun 2012-2017.

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten mempunyai visi tahun 2012-2017, yaitu

”Menjadi Institusi Yang Handal Menuju Mantapnya Ketahanan Pangan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal dan Sistem Penyuluhan Yang Efektif Untuk Bersatu Mewujudkan Banten Sejahtera”

Makna dari visi tersebut adalah :

  1. Institusi yang handal : berarti mampu menjadi lembaga/institusi yang teguh dan kuat dalam mengemban tugas pokok dan fungsi, memberikan arah dan menggalang potensi dari berbagai komponen masyarakat sesuai dinamika yang berkembang.
  2. Mantapnya ketahanan pangan masyarakat : adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat Banten yang tercermin dari cukup tersedia, baik jumlah, mutu, aman, merata dan terjangkau.
  3. Berbasis kearifan lokal : berarti secara berkelanjutan berpijak pada norma baik sosial maupun budaya yang sudah berkembang di masyarakat.
  4. Sistem penyuluhan yang efektif : adalah seluruh rangkaian pengembangan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, serta sikap pelaku utama dan pelaku usaha melalui penyuluhan yang berpedoman pada programa yang telah ditetapkan.
  5. Bersatu : merupakan tekad, sikap, dan komitmen seluruh masyarakat Banten untuk bersatu menyamakan persepsi, gerak langkah yang seiring sejalan sinergis membangun kebersamaan dalam membangun Banten serta pro aktif memajukan bangsa dan negara dalam kerangka persatuan dan kesatuan NKRI.
  6. Banten Sejahtera : merupakan cerminan dari suatu keadaan di mana telah berkurangnya jumlah masyarakat miskin, meningkatnya pendapatan dan daya beli masyarakat, terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan perekonomian serta ditemukannya jati diri masyarakat Banten  yang maju dan mandiri (RPJMD 2012-1017).

Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten menetapkan Misi 2012-2017 sebagai berikut :

  1. Pengembangan dan pemantapan ketersediaan dan cadangan pangan masyarakat berbasis kemandirian;
  2. Pengembangan distribusi pangan  dan penguatan kemandirian ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mengakses pangan serta mengantisipasi kerawanan pangan;
  3. Pengembangan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis pangan dan kearifan lokal serta  peningkatan mutu dan keamanan pangan;
  4. Pemantapan dan pengembangan kapasitas kelembagaan dan sumberdaya aparatur, serta Peningkatan Koordinasi dengan Stakeholders dalam perumusan kebijakan dan pengelolaaan ketahanan pangan dan penyuluhan.

Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Peta


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran