Penyusunan Bahan Rumusan Kebijakan Penyediaan Infrastruktur Pangan


Penyusunan Bahan Rumusan Kebijakan Penyediaan Infrastruktur Pangan


 



 


Penyusunan Bahan Rumusan Kebijakan Penyediaan Infrastruktur Pangan


Kegiatan penyusunan bahan rumusan  kebijakan Penyediaan Infrastruktur Pangan ini merupakan suatu kegiatan untuk mempererat hubungan antara pemangku kepentingan dalam penyediaan infrastruktur pangan. Sekaligus sebagai forum dalam rangka menjaring bahan rumusan untuk kebijakan dalam penanganan ketersediaan infrastruktur pangan sehingga terjadi sinerji dalam menjawab tantangan yang dihadapi dan menemukan solusi yang tepat dalam penanganan infrastruktur pangan.


Ketahanan pangan mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional maupun daerah. Ketahanan pangan sendiri, telah disepakati untuk tumbuh dan berkembang secara dinamis dan mampu merajut harmoni diantara ketersediaan yang cukup, distribusi yang merata, harga yang terjangkau, dan konsumsi serta keamanan pangan yang semakin berkualitas


Oleh kerena itu Aspek Kebijakan dalam ketahanan pangan meliputi :


·         Aspek ketersediaan yaitu : Menjaga ketersediaan pangan melalui upaya-upaya peningkatan produksi dan produktivitas pangan nabati dan hewani sesuai potensi wilayah masing-masing; Meningkatkan kualitas sumberdaya alam dan lingkungan; Meningkatkan luas lahan keluarga tani (UUPA No. 5 Tahun 1960); Fasilitasi permodalan dan sertifikasi lahan petani; Mengembangkan infrastruktur  pangan / pertanian dan pedesaan; Mengembangkan kemampuan pengelolaan cadangan pangan pemerintah dan masyarakat.


·         Aspek Distribusi yaitu : Mengembangkan kerjasama jaringan distribusi dan informasi pangan dalam daerah dan antar daerah untuk mewujudkan ketersediaan dan stabilitas harga; Meningkatkan sarana dan prasarana untuk efisiensi distribusi dan perdagangan; Mengurangi dan/atau menghilangkan peraturan daerah yang menghambat distribusi pangan antar daerah; Mengembangkan kelembagaan dan sarana fisik pengolahan dan pemasaran di pedesaan; Menyusun kebijakan harga pangan untuk melindungi produsen, perdagangan dan konsumen.


·         Aspek Konsumsi yaitu : Meningkatkan kemampuan akses pangan rumah tangga sesuai kebutuhan jumlah, mutu, keamanan dan gizi seimbang; Mendorong, mengembangkan dan memfasilitasi peran serta masyarakat (LSM, organisasi profesi, koperasi, organisasi massa) dalam pemenuhan hak atas pangan khususnya bagi kelompok kurang mampu; Meningkatkan efisiensi dan efektifitas intervensi bantuan pangan dan pangan bersubsidi kepada golongan masyarakat rawan pangan termasuk kelompok lanjut usia dan penyandang cacat ganda; Mempercepat proses diversifikasi pangan ke arah konsumsi yang beragam dan bergizi seimbang, dengan mengutamakan sumber pangan lokal. dan Meningkatkan kerjasama dengan Aliansi Melawan Kelaparan (Seluruh stakehoders, antara lain LSM, Perguruan Tinggi, Ormas, dan Swasta)


 


Sasaran kegiatan  adalah menampung aspirasi dan mendiskusikan hal yang terkait dengan infrastruktur pangan meliputi kendala, hambatan, tantangan dan peluang seluas-luasnya kepada para pihak terkait, lembaga Pemerintah, baik tingkat Provinsi maupun kabupaten / kota, dan masyarakat. Sehingga  diperoleh bahan rumusan yang diharapkan bahan ini dijadikan dasar untuk menetapkan kebijakan  dalam rangka  penyusunan bahan rumusan kebijakan penyediaan infrastuktur pangan. Serta dalam rangka menunjang terwujudnya komitmen dan visi bersama terhadap penanganan kebijakan penyediaan infrastruktur pangan


 


Secara umum kegiatan ini tidak menemui hambatan yang berarti. Hambatan yang terjadi hanyalah hambatan tehnis pelaksanaan, dimana sumberdaya/personil pada seksi ini terbatas. Solusi yang diterapkan adalah dengan melibatkan personalia dari seksi lain untuk membantu kelancaran kegiatan ini.


Hambatan lain yang dihadapi adalah dalam penjaringan informasi dari peserta pertemuan seringkali ditemui pengungkapan pertanyaan, padahal yang diharapkan adalah evaluasi dan saran rekomendasi faktual atas kebijakan yang telah diambil.


Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again