PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN DI GIANT LEBAK

PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN  DI GIANT LEBAK


PENGAWASAN KEAMANAN PANGAN SEGAR
ASAL TUMBUHAN

DI GIANT LEBAK

 

 Petugas pengambil sampel sama pengawas pangan ngambil sampel pangan segar asal tumbuhan untuk di cek kualitatif kandungan residu pestisida nya... Diujinya d kantor

 

Rangkasbitung, 28/04/2021 –Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Melaksanakan Kegiatan Pengawasan Keamanan terhadap Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) ke 8 Kab/Kota di provinsi Banten terhadap Pasar-pasar besar yang menyajikan Pangan Segar Asal Tumbuhan, kali ini pengawasam di Supermarket Giant kota Rangkasbitung yang terletak di ibu kota Kabupaten Lebak, pada pelaksanaannya Petugas Pengambil sampel dan pengawas pangan melakukan pengambilan sampel PSAT yang kemudian untuk di cek kualitatif kandungan residu pestisida nya, dan setelah memperoleh hasil uji kemudian petugas akan menginformasikan ke retail yang di ambil sampelnya.

Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

 

Keamanan pangan di zaman globalisasi itu penting maka perlu dilakukan Sosialisasi tentang keamanan pangan segar secara  terus-menerus. Sesuai dengan Peraturan yang berlaku, saat ini Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten sangat konsen terhadap keamanan pangan segar, maka dilakukan kegiatan Bimtek sebagai perwujudannya.

Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) adalah pangan asal tumbuhan yang dapat dikonsumsi langsung dan/atau yang dapat menjadi bahan baku pangan olahan yang mengalami pengolahan minimal meliputi pencucian, pengupasan, pendinginan, pembekuan, pemotongan, pengeringan, penggaraman, pencampuran, penggilingan, pencelupan (blanching), dan/atau proses lain tanpa penambahan bahan tambahan pangan kecuali pelapisan dengan bahan penolong lain yang diijinkan untuk memperpanjang masa simpan.

Keamanan Pangan merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.