LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (LPPD) TAHUN 2020

LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (LPPD) TAHUN 2020

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI BANTEN

 

KATA PENGANTAR

Seraya memanjatkan puji syukur ke Hadirat Allah SWT bahwa atas berkah dan rahmat-Nya, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dapat menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2020.

Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Tahun 2020 disusun sebagai bagian dari pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada pemerintah.

Laporan ini merupakan pernyataan tertulis dan sistematis yang memberikan gambaran tentang pelaksanaan tugas desentralisasi, tugas dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan tugas pemerintahan serta tugas-tugas lainnya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan.

Kepada semua pihak yang telah membantu dan terlibat dalam penyusunan Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) ini termasuk kepada pihak-pihak yang memberikan masukan dan koreksi penyempurnaan, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Demikian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Tahun 2020 ini kami susun untuk dapat dipegunakan sebagaimana mestinya.

 

 

 

Serang, Januari 2020

KEPALA,

 

 

Dr. Ir. Hj. Aan Muawanah, MM

Pembina Tk. I / IV.b

NIP. 19640614 199803 2 001

 

BAB I

PENDAHULUAN

Berdasarkan Peraturan Gubernur Banten Nomor 83 Tahun 2016 tentang tentang Kedudukan, tugas pokok, fungsi, tipe, susunan organisasi, dan tata kerja perangkat daerah Provinsi Banten mempunyai tugas membantu Gubernur dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Bidang Pangan.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten merupakan unsur pelaksana Urusan Pemerintahan Daerah. Dinas Ketahanan Pangan mempunyai tugas membantu gubernur melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang Ketahanan Pangan dan Tugas Pembantuan yang ditugaskan kepada daerah provinsi. Kedudukan Dinas Ketahanan Pangan diklasifikasikan kedalam Tipe B yang bertanggung jawab untuk mewadahi urusan Ketahanan Pangan. Dinas tipe B terdiri atas 1 (satu) sekretariat dan 3 (tiga) bidang. Sekretariat sebagaimana dimaksud terdiri atas 2 (dua) sub bagian. Masing-masing bidang sebagaimana dimaksud terdiri atas 3 (tiga) seksi (Pergub No. 83/2016 Pasal 118).

Seiring dengan terbitnya Peraturan Gubernur Banten Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, dimana telah ditetapkan UPTD Sertifikasi Mutu dan Keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, dengan tugas dan fungsi yaitu melaksanakan kegiatan teknis operasional Dinas Ketahanan Pangan dibidang pelayanan teknis keamanan pangan, sertifikasi dan pengujian mutu pangan. Dengan susunan terdiri atas 1 (satu) Kepala UPTD, 1 (satu) Subag Tata Usaha dan 2 (dua) Kasi.

Untuk itu, dalam menyusun dan melaksanakan kegiatannya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten berusaha menyelaraskan Arah Kebijakan Agenda Pembangunan melalui Program dan Indikator Kinerja yang tertuang dalam RPJMD Provinsi Banten dan Renstra Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

 

 

Untuk membaca lebih lanjut silahkan klik Link “Download Attachment” di bawah ini

 

 Download Attachment
Share :