BERAS MERAH DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH


Beras Merah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

     Beras merah, mendengar kata beras merah kita mungkin sudah tidak asing lagi karen sebagian besar warga Indonesia tau bahwa beras yang satu ini kaya akan manfaat, makanya keberadaan beras merah ini tidaklah terlalu sering muncul keberadaannya sehingga harganyapun cukup fantastis sangat beda dengan harga beras premium yang biasa dikonsumsi sehari-hari sebagai asupan gizi karbohidrat. Menurut artikel yang diperoleh dari wikipedia bahwa dalam sejarahnya, beras merah ini dianggap sebagai makanan para raja. Di China disebut sebagai beras terlarang (forbiden rice). Kenapa disebut forbiden rice karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya.
 
Tanaman padi beras merah
Sumber gambar : downtoearth.org.in

     Secara umum ada beberapa jenis macam beras yang berdasarkan dari laman web yang diperoleh dimana diantaranya ada terdapat tiga macam beras:
• beras putih (oryza sativa)
• beras merah (oryza glaberrima)
• dan beras hitam (oryza sativa L. Indica).

     Dari ketiga jenis tersebut, beras putih paling banyak dikonsumsi disusul dengan beras merah.
Penggunaan beras merah atau beras hitam kini telah populer di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, dimana penggunaan varietas beras tersebut mulai diperkenalkan di sana sejak tahun 1990-an. Di kawasan Asia, beras hitam telah dipergunakan oleh masyarakat China sejak ribuan tahun yang lalu, dimana waktu itu beras hitam hanya disediakan untuk kalangan tertentu saja, yaitu kaisar atau keluarga kerajaan dan para golongan elit.

     Manfaat dan bahaya dari konsumsi nasi putih ternyata masih menjadi perdebatan banyak ahli. Nasi dari beras putih diklaim sudah kehilangna banyak senyawa aktif dan juga vitamin yang terbuang. Akibatnya, saat mengonsumsi nasi putih, Anda hanya merasa kenyang namun tidak mendapat manfaat apapun dari berasnya.

     Para ahli berpendapat, nasi dari beras yang berwarna ternyata diklaim lebih sehat. Beras merah, cokelat dan hitam ternyata tergolong beras yang tidak dikuliti. Hal ini berarti kalau Anda juga menyantap kulit ari dan semua vitamin yang ada di dalamnya.

Dilihat dari aspek nutrisinya, beras hitam mengandung :
• karbohidrat
• kaya akan protein,
• serta vitamin
• dan mineral seperti vitamin E, B, zat besi, magnesium, dan zink.

     Kandungan seratnya bermanfaat untuk mencegah sulit buang air besar.
Disamping kaya nutrisi, nasi yang berasal dari beras hitam lebih enak dan sangat pulen jika dibanding dengan beras putih. Beras hitam ini berbeda dengan ketan hitam baik dinilai dari aroma, tekstur, dan rasa.

     Banyaknya kandungan manfaat beras hitam tidak sebanding dengan stok di pasaran. Varietas jenis padi hitam belum populer dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Di Indonesia, padi jenis ini hanya bisa dijumpai di beberapa daerah, seperti Bantul, Boyolali dan Sumatera Barat.
(sumber Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Manfaat Beras Merah

Beras Merah memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh dimana diantaranya adalah sebagai berikut:
 
Beras Merah
Sumber gambar: www.khasiat.co.id/makanan/beras-merah.html

1. Sebagai cara diet Terbaik, Salah satu diet yang paling aman dan baik buat bagi kesehatan ialah dengan mengubah pola konsumsi yang tadinya pake beras putah di ganti dengan beras merah. Bagi Anda yang tidak percaya diri dengan berat badan yang Anda miliki dan ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, maka sebaiknya Anda memulai mengonsumsi beras merah. Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tujuannya adalah sebagai energy supply dan dilakukan secara berkala pada tubuh manusia, sehingga perut tidak mudah terasa kosong dan lapar.

2. Untuk Mengobati Sakit Maag beras merah sangat bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami masalah dalam pencernaan seperti sakit maag. Sakit maag dapat mengganggu hari-hari Anda karena rasa nyerinya datang secara berkala, dimana akan terasa tidak nyaman dan menyiksa.
Namun bagi anda yang sedang mengalaminya tidak perlu risau, salah satu cara mengobati sakit maag adalah dengan rutin mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang di percaya dapat mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

3. Dapat Menjaga Tulang Tetap Kuat Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang pada tubuh manusia juga semakin berkurang. Namun bagi Anda yang ingin tetap terlihat bugar dan kuat, tak ada salahnya anda mulai beralih mengonsumsi dari beras putih ke beras merah. Karena beras merah memiliki kandungan magnesium yang terkenal mampu menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegah osteoporosis.

4. Untuk melancarkan Buang Air Besar (BAB) Anda tak perlu lagi meragukan manfaat beras merah untuk membantu BAB menjadi lebih lancar. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi 6 kali dari pada beras putih biasa, sehingga kandungan serat yang dihasilkan dapat mencegah Anda mengalami sembelit dan mencegah kanker usus.

5. Untuk Menjaga Kekuatan Gigi. Mempunyai Gigi yang kuat juga merupakan poin penting sehingga bisa masuk dalam kategori gigi yang sehat. Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk memiliki gigi yang kuat ialah dengan mengkonsumsi beras merah, karena beras ini mengandung magnesium yang bisa membantu memperkuat tekstur gigi Anda.


6. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah kolesterol jahat dalam darah yang berlebih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit khususnya yang sering terjadi adalah penyakit jantung dan stroke. Jika anda tidak ingin mengalaminya, maka anda perlu melakukan pencegahan dini dengan cara mulai mengkonsumsi beras merah.
Manfaat beras merah yang satu ini dapat dipercaya mampu menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah karena memiliki senyawa lovastatin alami atau yang dikenal dengan monacolinK. Dengan begitu, beras merah sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.


7. Untuk Mencegah Kanker. Penyakit Kaknker merupakan penyakit yang sangat berbahaya namun jangan khawatir kanker dapat di cegah dengan pola hidup yang sehat dan bersih, namun tidak ada salahnya anda memperhatikan khasiat pada makanan yang anda konsumsi. Manfaat beras merah kali ini adalah sebagai salah satu alternatif mencegah kanker. Kandungan serat dan atioksidan tinggi yang dimiliki beras merah dapat membantu tubuh dalam menghindari radikal bebas penyebab kanker.
(Sumber Referensi: blog.manjadda.com/manfaat-beras-merah)

     Indonesia erupakan alam yang kaya akan hasil alamnya dimana memiliki berjuta manfaat yang dapat diperoleh dari berbagai macam tumbuhan salah satunya adalah tumbuhan padi seperti beras merah yang memiliki banyak manfaat, selain rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut ternyata beras merah juga memiliki banyak manfaat sebagaimana telah dijelaskan di atas, beras merah mudah sekali untuk di tanam di ladang yang terbuka seperti sawah atau huma perawatannya pun sangat mudah. Bagi kita yang ingin memperoleh beras merah ini sangat mudah sekali kita tinggal menyediakan lahan sedapat mungkin lalu tinggal mengolahnya untuk menanam bibit padi beras merah dan setelah semuanya sudah selesai tinggal menunggu hasil panennya, ini sangat mudah sekali bukan karena kita past bisa memanfaatkan pekarangan yang kosong untuk hal-hal yang lebih baik.

 

 

 

. Ade Putra

 


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan