BIMBINGAN TEKNIS PENYIAPAN BAHAN PENANGANAN KERAWANAN PANGAN


BIMBINGAN TEKNIS PENYIAPAN BAHAN PENANGANAN KERAWANAN PANGAN
 

  1. PENDAHULUAN
  2. Latar Belakang

Ketahanan pangan pada tingkat makro dalam hal swasembada pangan ditingkat Provinsi dan Kabupaten , tidaklah secara otomatis memberikan jaminan terhadap ketahanan pangan pada tingkat rumah tangga dan individu. Oleh karena itu kerawanan pangan merupakan isu multidimensional dan memerlukan tinjauan yang lebih cermat terhadap sekumpulan parameter, tidak hanya tergantung pada produksi dan ketersediaan pangan saja.

Bertitik tolak dari uraian diatas, maka perlu dilakukan perencanaan dan pelaksanaan program analisis serta evaluasi terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi terhadap ketersediaan pangan. Pencegahan masalah dimaksudkan sebagai langkah antisipatif untuk menghindari terjadinya masalah pangan. Dalam hal penanggulangan masalah terlebih dahulu harus diketahui secara dini tentang kelebihan, kekurangan  pangan, dan ketidakmampuan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan. Oleh sebab itu penyaluran pangan secara khusus difokuskan bagi ketidakmampuan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan memberikan bantuan pangan pada masyarakat miskin.

Mengacu kepada agenda kerja Nasional tentang upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan jutaan penduduk yang menderita kemiskinan kronis dan malnutrisi, dimana pencapaian ketahanan pangan secara langsung akan sangat erat kaitannya dengan pengentasan kemiskinan, maka Pemeritah Provinsi Banten melalui Dinas Ketahanan Panagan telah melaksanakan Pertemuan Penyiapan Bahan Penanganan Kerawanan Pangan Provinsi yang didasari hasil FSVA Provinsi Banten Tahun 2015 melalui kegiatan Pembinaan dan Penanganan Kerawanan Pangan yang bersumber dari Anggaran Pembelanjaan Daerah Tahun Anggaran 2019 untuk menganalisis lebih lanjut mengenai titik-titik rawan pangan pada tingkat kabupaten atau Kota berdasarkan FSVA 2015, bahkan sampai pada tingkat Kecamatan dan menetapkan calon penerima bantuan bahan percontohan/peraga/praktek yang akan diberikan pada bulan September s.d Oktober 2019.