Supevisi Dan Pendampingan Pemantauan Harga Dan Komoditas Di Pasar Kranggot Kota Cilegon Banten Bersama Tim Irjen Badan Pangan Nasional

Sumber Gambar :

 

Supevisi Dan Pendampingan Pemantauan Harga Dan Komoditas  Di Pasar Kranggot Kota Cilegon Banten Bersama Tim Irjen Badan Pangan Nasional

(Tim investigasi sedang monev harga di pasar Kranggot)    

 

 

Cilegon, 29 September 2022 -Dinas ketahanan pangan melakukan Pendampingan Pemantauan Harga Dan Komoditas  Di Pasar Kranggot Kota Cilegon Banten Bersama Tim Irjen Badan Pangan Nasional, Supervisi dan Pendampingan ini di galakan khususnya pasar utama kabupaten/kota. Pada kesempatan kali ini petugas dan Tim dari Irjen mengunjungi pasar Kranggot Kota Cilegon dimana lokasinya yang sangat strategis yang berada di jantung kota Kota Cilegon yang letaknya tidak jauh dari Pusat Keramaian Kota Cilegon.

 

Pangan Pokok adalah Pangan yang diperuntukkan sebagai makanan utama sehari-hari sesuai dengan potensi sumber daya dan kearifan lokal selain itu pula pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.   

 

Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal.

 

Sebagai Negara dengan jumlah penduduk yang besar dan di sisi lain memiliki sumber daya alam dan sumber pangan yang beragam, Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara berdaulat dan mandiri, begitu juga di Banten.

 

Supevisi Dan Pendampingan Pemantauan Harga Dan Komoditas  Di Pasar Kranggot Kota Cilegon Banten digelar langsung oleh Tim Irjen dari Pusat. Kegiatan Investigasi Harga kali ini dilaksanakan pada Kamis (29/09/2022). Monitoring dilakukan di beberapa pedagang, hingga pasar tradisional untuk memantau stok pangan maupun harga pangan di Kota Cilegon. Kegiatan ini juga mendukung upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok strategis. Kegiatan monitoring ini bekerja sama dengan UTPD Paar dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon.

Informasi yang didapat dilapangan merupakan data yang sangat penting yang akan diolah dan dikirimkan kepusat sebagai salah satu bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di tingkat Kota Cilegon hingga tingkat Nasional.

(sedang monev di lapak harga daging)

 

Kegiatan Investigasi Harga stok serta harga pangan baik ditingkat produsen, grosir, maupun eceran selalu dipersiapkan untuk mengantisipasi pergerakan harga, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar, baik disebabkan gangguan pasokan maupun distribusi bahan pangan.

 

Pemantauan pasokan dan harga dilakukan di berbagai pasar khususnya di Wilayah Pasar Rangkas Bitung Kota Cilegon Provinsi Banten. berdasarkan hasil pemantauan kami dari tim Monev Provinsi dan di dampingi oleh Petugas Setempat, ada beberapa komoditas yang kami pantau di antaranya :

1.  Beras Premium                       /Kg      Rp. 13.500

2.  Beras Medium                        /Kg      Rp. 11,500 

3.  Kedelai Biji Kering                /Kg      Rp. 14.000

4.  Bawang Merah                       /Kg      Rp. 35.000

5.  Bawang Putih Boggol            /Kg      Rp. 25,000

6.  Cabai Merah Keriting             /Kg      Rp. 68.000

7.   Cabai Rawit Merah tw          /Kg      Rp. 68,000

8. Daging Sapi Murni                  /Kg      Rp. 140,000

33. Daging Ayam ras                   /Kg      Rp. 40,000

30. Telur Ayam Ras                    /Kg      Rp. 27,000

14. Gula Pasir                              /Kg      Rp. 13,500

15. Minyak goreng kemasan       /Kg      Rp. 16.000

16. Tepung Terigu curah             /Kg      Rp. 10,000

16. Minyak Goreng curah           /Ltr      Rp. 12,500

17. Jagung Pipilan Kering           /Kg      Rp. 6,500

 

Untuk berbagai jenis barang kebutuhan pokok untuk yang laian masih dalam keadaan relatif stabil seperti hari biasa  sedangkan untuk suplay barang kebutuhan pokok itu sendiri saat ini masih dalam keadaan lancar diperkiraan persedian stok barang aman. Koordinasi dan Monev Harga  ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memantau harga di Kab/Kota di Wilayah. Prov Banten dan menginvetarisir beberapa kendala yang dihadapi baik di pusat maupun daerah.

Demikian laporan ini disampaikan semoga dapat menjadi bahan informasi dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pembangunan.


Share this Post